Singkronisasi Valve dengan Line Size di AutoCAD Plant 3D

Posted: Februari 18, 2015 in AutoCAD, Pengalaman

Mungkin hanya sedikit dari kita yang mengetahui software AutoCAD Plant 3D. Software ini “kalah” kelas jika dibandingkan software Plant Design macam PDMS, SP3D, AutoPlan, CADWorx. Akan tetapi apakah software ini kalah kelas dalam Plant Management System. Saya katakan tidak.

Software ini bisa dijadikan alternative buat perusahaan yang mempunyai dana “pas-pasan”. Dengan harga dikisaran $4000 saya rasa masih bisa dijangkau banyak perusahaan yang bergerak di Plant Design. Macam Water Treatment Plant | Sanitary Plant dan sejenisnya. Untuk level oil & gas mungkin software ini tidak “dapat” digunakan karena sudah kalah kelas dengan software yang saya sebutkan diatas.

Pada kesempatan ini saya akan coba berbagi kemampuan software yang satu ini dalam me-manage data. Dimana data line number misal berupa size dapat secara mudah diambil oleh valve atau fitting yang ada disana. Berikut penampakannya.

Line Routing ACAD Plant3D

Silahkan dipertimbangkan untuk bapak-bapak yang mempunyai perusahaan yang bergerak dalam plant design dan menginginkan software legal.

 

Salam,

 

Afri

Tinggalkan komentar